Politik

SPN Jateng Ajak Masyarakat Hormati Hasil Pemilu

SEMARANG – Pesta demokrasi lima tahunan melalui pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) secara serentak untuk pertama kalinya pada tahun 2019 telah berlangsung secara jujur dan adil dengan aman, tertib dan lancar. Partisipasi pemilih bahkan mencapai di atas 80% merupakan sebuah capaian fenomenal pasca-reformasi.

Oleh karenanya, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD SPN) Jateng mengajak seluruh pihak mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu dan DKPP). Apresiasi yang sama diberikan kepada aparat keamanan TNI dan Polri, serta seluruh komponen yang telah berkerja keras untuk suksesnya pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 ini.

Kendati demikian, DPD SPN Jateng masih melihat ada gejala semakin menghangatnya situasi politik pasca pemilu. Hal ini memunculkan kekhawatiran akan semakin terkoyaknya kerukunan kebangsaan Indonesia. Untuk itu, DPD SPN Jateng menggelar siaran pers yang yang ditujukan kepada seluruh masyarakat pekerja di Jawa Tengah untuk senantiasa menjaga persatuan dan menciptakan situasi yang aman dan damai sehingga sangat sulit terjadi chaos di lapangan.

“Mengimbau semua pihak untuk menunggu hasil perhitungan KPU yang merupakan acuan resmi sesuai konstitusi,” ujar Sekjen DPD SPN Jateng Catur Andarwanto dalam siaran persnya di Kantor SPN Semarang, Rabu (24/4/2019).

Selain itu, pihaknya juga meminta para pendukung Paslon 01 dan 02 untuk terus mengawal jalannya perhitungan resmi KPU dengan tetap menjaga rasa saling percaya dan saling menghargai, menjaga etika politik serta tidak percaya pada berita-berita hoax.

“Semua pihak pendukung baik 01 maupun 02 harus menahan diri dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat memprovokasi terjadinya tindakan inkonstitusional,” jelas Catur.

Catur menegaskan bahwa NKRI dengan dasar negara Pancasila dan konstitusi UUD 1945 haruslah menjadi acuan gerak, tindakan dan patokan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara sehingga dalam kesempatan ini SPN Jateng menyatakan NKRI harga Mati.

“Kami mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada khususnya masyarakat Jateng untuk bersatu menciptakan kedamaian dan menjaga suasana tetap kondusif dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di negeri tercinta ini,” ujar Catur lagi.

Dalam kesempatan ini, DPD SPN Jateng juga menyatakan sikapnya melalui deklarasi terkait hasil pemilu serentak 2019 bahwa DPD SPN Jateng mendukung siapapun Presiden terpilih, mendukung hasil keputusan KPU, dan menghimbau masyarakat agar tetap tenang.

“Mari jaga kamtibmas pada massa perhitungan dari KPU serta tidak terpropokasi dan tidak percaya hoax serta memerangi hoax,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top