Nasional

Video Hoaks ‘Polisi Jemput Tentara Cina di Bandara’, Polri : Kita Lakukan Penyelidikan & Penyidikan

Jakarta – Mabes Polri menegaskan bahwa video viral yang menarasikan anggota kepolisian menjemput ratusan tentara China di area bandara adalah informasi hoaks. Pembuat dan penyebar video hoaks itu pun kini bakal diusut.

“Bila menemukan postingan atau pun pemberitaan yang menyebarkan pemberitaan bohong atau hoaks yang meresahkan masyarakat melalui medsos, tentu Polri akan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap hal tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Sabtu (4/2/2023).

Video yang menunjukkan sejumlah personel pasukan berseragam yang disebut tentara China di area bandara viral di media sosial (medsos). Pembuat video membangun narasi seolah-olah anggota kepolisian Indonesia memberikan pelayanan penjemputan kepada tentara China di area bandara.

Ramadhan mengatakan pihaknya kini bakal melakukan patroli siber untuk mengungkap identitas dari pembuat dan penyebar video hoaks tersebut.

“Polri dalam hal ini akan mengoptimalkan patroli siber,” katanya.

Polisi juga sudah memastikan informasi dalam video tersebut tidak benar (hoaks).

“Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah hoaks,” demikian pernyataan Polri melalui akun Instagram @divisihumaspolri seperti dilihat detikcom.

Sejumlah akun turut membuat narasi bahwa tentara China tersebut dijemput menggunakan truk polisi. Lalu dibuat juga narasi berupa pertanyaan yang mengaitkan polisi Indonesia dengan tentara China. Ada yang menyebutkan tentara China tersebut mendarat tengah malam.

“Kesekian kalinya tentara China mendarat di Bandara Sutta,” demikian salah satu tulisan di video hoaks tersebut.

Dalam video tersebut, terlihat ada truk bertulisan ‘Polisi Korps Brimob’. Namun truk itu dinarasikan untuk menjemput tentara China.

Ada juga yang menyebut tentara China yang datang tersebut berjumlah ratusan. Video hoaks soal kedatangan tentara China tersebut disebarkan di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga TikTok.

Beberapa akun yang memposting video tersebut adalah akun TikTok @99bima_satria dan akun Twitter Mencaricinta99.

Polri menjelaskan pasukan berseragam yang berada di area bandara tersebut merupakan pasukan Brimob. Keberadaan pasukan Brimob di area bandara tersebut karena baru selesai melaksanakan tugas operasi di Papua.

Karena itu, kabar soal ratusan tentara China dijemput polisi di bandara dipastikan hoaks.

“Beredar sebuah unggahan video di postingan akun TikTok @99bima_satria dengan tambahan narasi ‘ada apa Polisi kita dgn tentara china’ dengan cuplikan puluhan tentara yang tengah berada di suatu bandara. Faktanya, konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua,” tulis Divisi Humas Polri.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top