Nasional

Edukasi Kepemimpinan Lintas Agama Diikuti Puluhan Pemuda, Siap Perkuat Toleransi

Yogyakarta – Puluhan generasi muda dari berbagai daerah mendapatkan edukasi kepemimpinan lintas agama di Rumah Jawa Apik Guest House, Kopi dan Rest tepat di Padukuhan Jeblog, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta pada Rabu (9/8/2023).

Koordinator pelaksana Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama Yogyakarta-Magelang, Linda Koswara, berujar, tujuan pelaksanaan acara tersebut tak lain untuk memupuk rasa perdamaian dan toleransi kepada generasi muda atau kalangan usia 17-35 tahun.

“Kami juga memprioritaskan teman-teman perempuan dengan rentan usia 17-35 tahun untuk ikut dan mendapatkan edukasi kepemimpinan lintas agama. Karena, teman-teman perempuan juga harus paham akan hal itu,” katanya kepada wartawan.

Ia turut menjelaskan, generasi muda sebagai penerus bangsa sudah sewajarnya mendapatkan edukasi itu untuk menguatkan toleransi di Tanah Air.

Terlebih, generasi muda dinilai sebagai kunci dari generasi emas pada 2045.

Sehingga, menurutnya ragam aksi positif untuk mewujudkan generasi emas pada 2045 harus didukung dengan optimal.

“Mereka sebagai pemimpin masa depan harus diberikan edukasi kepemimpinan lintas agama, agar Indonesia tidak pecah belah,” ucap orang yang juga menjabat sebagai Manajer Program & Public Relations Indonesia Conference on Religion and Peace ini.

Senada, Kasubdit Bintipsos Dit Binmas Polda DIY, AKBP Tri Novi Purwaningrum, yang hadir dalam kesempatan itu turut berharap, generasi muda bisa memberikan efek yang positif terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Akhir-akhir ini banyak kasus atau isu-isu miring. Berdasarkan riset yang dilakukan pada generasi muda, 83 persen generasi muda itu mengatakan bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara maupun Dasar Negara sudah tidak sesuai di negara kita ini,” katanya.

“Tentu saja, hal itu menjadi signal darurat yang perlu kita tangani bersama. Karena ibaratnya, Pancasia sebagai fondasi rumah dan jika itu tidak kuat maka akan rubuh,” imbuh dia.

Maka dari itu ia berpesan dan berharap kepada generasi muda untuk bersama-sama mengkokohkan dan menjaga Ideologi Negara tersebut.

“Jangan sampai ada sekelompok orang yang mengganti Ideologi Pancasila itu sendiri,” tutup AKBP Tri Novi.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top