Nasional

Pastikan Tangani Ricuh Massa PT. Duta Palma Grup dengan Polres Bengkayang, Kapolda Kalbar : Timsus Dibentuk, Jangan Terprovokasi

Pontianak – Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H., memberikan klarifikasi terkait terjadinya gesekan antara aparat dan massa Aksi unras yang melibatkan massa karyawan PT. Duta Palma Grup di Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat pada Sabtu (19/8/2023).

“Iya, memang benar bahwa saat Polres Bengkayang mengamankan aksi unjuk rasa di PT Duta Palma Grup telah terjadi gesekan antara Pengendali massa Polres Bengkayang dan massa unras, namun demikian kami telah membentuk Tim Khusus untuk menyelidiki kejadian tersebut yang terdiri dari unsur pengawasan (APIP ) yaitu dari Itwasda dan Propam,” ungkap Irjen Pol Pipit Rismanto, hari ini (20/8/2023).

Menanggapi beredarnya video tentang penanganan unras oleh Polres Bengkayang, Kapolda juga menegaskan bahwa video yang tersebar di berbagai platform media sosial agar disikapi dengan bijak dan tidak langsung menyalahkan salah satu pihak. Mengingat potongan-potongan vidio yang beredar saat ini tidak dapat menjelaskan secara runtut kejadian sebenarnya.

Sebelumnya, aksi demonstrasi karyawan PT Duta Palma Grup berawal dari mogok kerja yang sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. Karyawan mengajukan sembilan tuntutan kepada perusahaan terkait hak normatif para buruh perkebunan mulai dari tuntutan upah sesuai UMK, upah lembur hingga pesangon bagi pensiunan dan penyediaan bis angkutan anak sekolah dan air bersih.

Persoalan ini sendiri sedang sudah masuk penanganan Disnakertrans Sambas dan Bengkayang dan telah dilakukan sejumlah mediasi namun belum menemukan titik temu. Maka persoalan ini akan dibawa ke tingkat provinsi sebagai solusinya.

“Terhadap cuplikan-cuplikan vidio yang beredar saat ini, tolong jangan dijadikan sebagai dasar untuk memvonis siapa yang salah dan siapa yang benar, sebab saya yakin bahwa pasti semua pihak berharap bahwa permasalahan yang menjadi akar persoalan saat ini bisa diselesaikan dengan cara yang baik dan damai.” himbau Irjen Pol Pipit Rismanto.

Ia juga menghimbau masyarakat agar mempercayakan sepenuhnya penyelesaian permasalahan ini. Rencananya perkara ini akan dibawa ke tingkat provinsi sebagai upaya mencari solusi.

“Yang jelas, tolong percayakan penanganannya pada kami, persoalan ini akan kami bawa ketingkat Provinsi untuk segera dicari solusinya. Apalagi menyangkut kesejahteraan masyarakat dalam hal ini karyawan, Insya Allah segera kami selesaikan dengan baik karena saya yakin masyarakat Kalimantan Barat ingin semua persoalan dapat diselesaikan secara damai dan kembali kondusif namun tolong mari kita sama-sama menahan diri dan tidak terprovokasi dengan informasi-informasi yang belum ada kejelasannya yang saat ini beredar dimedia- media sosial,” pungkas Irjen Pol Pipit Rismanto.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top