Nasional

Warsun BARA JP : Sambut Pemilu Serentak 2024, Jangan Lagi Ada Politik Identitas

Jakarta – Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA JP) menekankan kepada seluruh partai politik maupun kontestan Pemilu serentak yang akan diadakan tahun 2024 agar tidak lagi menggunakan Politik Identitas sebagai bahan kampanye.

Bendahara Umum BARA JP, Warsun menyampaikan politik Identitas tidak lagi boleh dipakai dalam kontestasi pemilu serentak tahun 2024.

”Hadirnya wacana politik identitas menyebabkan munculnya isu-isu sensitif yang tidak bisa dikendalikan. Perdebatan dan persaingan politik pada pemilu mendatang berkembang jauh dan ditunggangi oleh berbagai pihak dengan berbabagi agenda dan kepentingan politik masing-masing. Isu-isu mengenai eksistensi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), falsafah negara Pancasila, dasar negara UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika menjadi perdebatan yang liar dan melibatkan saling klaim satu pihak untuk menjatuhkan pihak lainnya.” kata Warsun.

Harus diakui bahwa tidak mudah menghilangkan sama sekali gerakan politik aliran di Indonesia, karena kontur demografi Indonesia yang memang secara tradisional terbagi ke dalam aliran-aliran primordial dan agama itu. Tetapi, pengelolaan politik aliran yang sangat pragmatis dan cenderung mengorbankan pilar-pilar kebangsaan yang sudah menjadi konsensus nasional, adalah tindakan politik yang membahayakan eksistensi bangsa.

”Kita semua tentunya mengharapkan Pemilu 2024 mendatang sebagai momentum yang dapat membawa bangsa ini pada kematangan berdemokrasi. Sebuah praktik sirkulasi kepemimpinan nasional yang dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah dalam momentum pilkada 2024. Praktik berdemokrasi yang sehat dan terbuka harus di kedepankan, karena tugas kita bersama guna menjaga dan merawat Indonesia. Sehingga siapapun figur yang nantinya akan mempimpin Indonesia kedepan, mampu menjadi perekat dan pemersatu bagi seluruh lapisan/elemen masyarakat Indonesia.” tuturnya.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top